Desain alur media interaktif

DEFINISI DESAIN

Pengertian desain adalah kegiatan kreatif untuk merencanakan dan merancang sesuatu yang umumnya fungsional dan tidak ada sebelumnya dalam rangka menyelesaikan suatu masalah tertentu agar memiliki nilai lebihdan menjadi lebih bermanfaat bagi penggunanya.

Prinsip Pengembangan Multimedia Pembelajaran Prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, pengulangan, p artisipasi aktif peserta didik, dan umpan balik merupakan beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan media (Abdul Gafur, 2007: 20-22). 

TEORI DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF

1. Komputer, apa yang didengar dan dilihat serta interaksi dengan user akan dikordinir oleh komputer.

2. Link, penghubung antara user dengan informasi yang ada di dalam psebuah program multimedia.

3. Alat navigasi, sebuah alat yang berfungsi sebagai pemandu user saat menjelajahi informasi.

4. Ruang yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan gagasan user.

PERANCANGAN DESAIN ALUR




1. Analysis

2. Design

3. Development

4. Implementation

5. Evaluation


Dalam membuat desain multimedia interaktif yang menarik untuk siswa sebaiknya mengutamakan 12 prinsip yang dikemukakan oleh Rochard E Mayer yaitu, multimedia, kesinambungan spasial, kesinambungan waktu, koherensi, modalitas belajar, redundansi, personalisasi, interaktivitas, perbedaan individu, Praktik, pengandaian.

Terdapat 4 tahap teori desain yaitu, desain treatment, visual development phase, programming phase, testing phase.

Menurut Willian W Lee terdapat 5 tahap prosedur pengembangan media, yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation.